1. Hasil dari -4 + 8 : (-2) x 2 + 5 -2 adalah...
A. -9
B. -7
C. 7
D. 9
Jawaban: A
Pembahasan:
Operasi tersebut dimulai dengan pembagian dan perkalian karena kedudukannya lebih tinggi
dari penjumlahan dan pengurangan.
-4 + (8 : -2) x 2 + 5 -2 =  -4 + (-4 x 2 ) + 5 – 2
                                = -4 + (-8) + 5 – 2
                                = -9
2. Topik  : Operasi bilangan pecahan
Indikator : Peserta didik mampu menghitung hasil operasi bilangan pecahan
Hasil dari latihan ujian nasional 2019 matematika smp - soal 2 adalah...
latihan ujian nasional 2019 matematika smp - pg 2
Jawaban: D
Pembahasan:
latihan ujian nasional 2019 matematika smp - jawaban 2
separator un matematika smp
3. Topik: Perbandingan
Indikator: Peserta didik mampu menentukan nilai perbandingan
Sebuah toko kue selama 8 hari dapat membuat 240 kotak kue. Banyak kue yang dapat dibuat oleh toko tersebut selama 12 hari adalah….
A. 160 kotak
B. 260 kotak
C. 360 kotak
D. 460 kotak
Jawaban: C
Pembahasan:
latihan ujian nasional 2019 matematika smp - jawaban 3
Jadi, banyak kue yang dapat dibuat selama 12 hari adalah 360 kotak.
separator un matematika smp
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan masalah bilangan bentuk akar
Bentuk yang ekuivalen dengan latihan ujian nasional 2019 matematika smp - soal 4 adalah...
latihan ujian nasional 2019 matematika smp - pg 4
Jawaban: C
Pembahasan:
latihan ujian nasional 2019 matematika smp - jawaban 4
separator un matematika smp
5. Topik: Barisan dan deret
Indikator: Peserta didik mampu menentukan nilai dari deret bilangan
Diketahui barisan aritmetika dengan U4= 20 dan U8= 44. Suku ke-40 baris itu adalah…
A. 106
B. 236
C. 246
D. 275
Jawaban: B
Pembahasan:
latihan ujian nasional 2019 matematika smp - jawaban 5a
Eleminasi kedua persamaan:
latihan ujian nasional 2019 matematika smp - jawaban 5b
Substitusi nilai b ke satu diantara persamaan di atas, maka:
20 = a + 3b
20 = a + 3(6)
20 = a + 18
  2 = a
Maka suku ke-40 barisan tersebut adalah
U40 = 2 + (39) 6 = 236
separator un matematika smp
6. Topik: Aritmetika sosial
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan masalah aritmetika sosial
Pak Arif membeli motor dengan harga Rp15.000.000,00 dan dijual lagi dengan harga Rp16.500.000,00. Berapa perentase keuntungan yang diperoleh?
A. 1%
B. 1,5%
C. 10%
D. 15%
Jawaban: C
Pembahasan:          
keuntungan = harga jual – harga beli
                          = 16.500.000 – 15.000.000
                          = 1.500.000
Persentase keuntungannya 
latihan ujian nasional 2019 matematika smp - jawaban 6
separator un matematika smp
7. Topik: Aljabar
Sub Topik: Himpunan
K = {3, 4, 5} dan L = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}, himpunan pasangan berurutan yang menyatakan relasi “dua lebihnya dari” dari himpunan K ke L adalah ….
A. {(3, 5), (4, 6)}
B. {(3, 5), (4, 6), (5, 7)}
C. {(3, 1), (4, 2), (5, 3)}
D. {(3, 2), (4, 2), (5, 2)}
Jawaban: C
Pembahasan :
"dua lebihnya dari " dari himpunan K ke L :
3 dua lebihnya dari 1,
4 dua lebihnya dari 2,
5 dua lebihnya dari 3
Himpunan pasangan berurutannya adalah {(3, 1), (4, 2), (5, 3)}
separator un matematika smp
8. Topik: Persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
Indikator: Peserta didik mampu menentukan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
Penyelesaian dari latihan ujian nasional matematika SMP - soal 8 adalah ....
A. x = -42
B. x = -35
C. x = 35
D. x = 42
Jawaban: A
Pembahasan:
latihan ujian nasional matematika SMP - pembahasan 8
separator un matematika smp
9. Topik: Sistem persamaan linier dua variabel
Indikator: Peserta didik mampu menghitung persamaan linear dua variabel
Harga satu kaus dan dua celana Rp150.000,00 sedangkan harga 3 kaus dan 3 celana Rp      000,00. Harga 2 kaus dan 5 celana adalah.…
A. Rp60.000,00
B. Rp90.000,00
C. Rp270.000,00
D. Rp360.000,00
Jawaban: D
Pembahasan:
Misalkan kaus = dan celana = y
Harga satu kaus dan dua celana Rp150.000,00 : x + 2y = 150.000
Harga 3 kaus dan 3 celana Rp270.000,00 : 3x + 3y = 270.000
Dengan metode eliminasi diperoleh:
latihan ujian nasional matematika SMP - soal 9
Sehingga harga 2 kaus dan 5 celana = 2x + 5y = 2(30.000) + 5(60.000) = 360.000
separator un matematika smp
10. Topik: Garis-garis sejajar dan sudut
Indikator: Peserta didik mampu menentukan nilai sudut berdasarkan garis
Perhatikan gambar di bawah ini!
latihan ujian nasional matematika SMP - soal 10
Besar sudut AOC adalah...
A. 42°
B. 44°
C. 46°
D. 50°
Jawaban: C
Pembahasan:
∠AOC dan ∠BOC merupakan sudut saling berpenyiku, maka:
∠AOC + ∠BOC = 90°
(6x + 4)° + (5x + 9)° = 90°
11x° + 13° = 90°
11x° = 90° - 13°
11x° = 77°
x = 7°
∠AOC = (6x + 4)°
∠AOC = (6.7 + 4)°
∠AOC = 46° 
separator un matematika smp
11. Topik: Segiempat dan segitiga
Indikator: Peserta didik mampu menganalisis panjang sisi segitiga berdasarkan sudut
Dari pasangan sisi-sisi segitiga di bawah ini, yang merupakan sisi-sisi segitiga siku-siku
adalah….
A. 8 cm, 12 cm, 16 cm
B. 9 cm, 12 cm, 15 cm
C. 9 cm, 12 cm, 17 cm
D. 12 cm, 14 cm, 20 cm
Jawaban: B
Pembahasan:
Dalam jika segitiga ABC, jika c2 = a2 + b2, maka segitiga adalah segitiga siku-siku. Dimana c adalah sisi miring.
Untuk sisi segitiga 8 cm, 12 cm,  dan 16 cm
 162 > 82 + 122
256 > 64 + 144
256 > 208
(segitiga tumpul)

Untuk sisi segitiga 9cm, 12cm, dan 15cm
15² = 9² + 12²
255 = 81 + 144
225 = 225
(segitiga siku-siku)

Untuk segitiga 9cm, 12cm, dan 17 cm
17² > 9² +12²
289 > 81 + 144
289 > 225
(segitiga tumpul)

Untuk segitiga 12cm, 14cm, dan 20cm
20² > 12² + 14²
400 > 144 + 196
400 > 340
(segitiga tumpul)
Jadi, yang merupakan ukuran panjang sisi segitiga siku-siku adalah 9 cm, 12 cm, dan 15 cm.
separator un matematika smp
12. Topik: Lingkaran
Indikator: Peserta didik mampu menghitung luas lingkaran
Sebuah ban mobil memiliki panjang jari-jari 35 cm. Ketika mobil tersebut berjalan, ban mobil tersebut berputar sebanyak 100 kali. Tentukan luas ban mobil tersebut!
A. 220 cm²
B. 3.850 cm²
C. 2.220 cm²
D. 38.500 cm²
Jawaban: B
Pembahasan:
r = 35 cm
L = Î r²
L =  22/7 x (35 cm)²
L = 3.850 cm²
separator un matematika smp
13. Topik: Lingkaran
Indikator: Peserta didik mampu menyimpulkan keliling lingkaran
Sebuah lapangan berbentuk lingkaran dengan diameter 56 m. Di sekeliling lapangan akan dipasang lampu dengan jarak 4 m. Berapa banyak lampu yang diperlukan?
A. 24 buah
B. 30 buah
C. 34 buah
D. 44 buah
Jawaban: D
Pembahasan:
latihan ujian nasional matematika SMP - pembahasan 13
Banyak lampu = keliling : jarak lampu
                              = 176 : 4
                              = 44 buah
separator un matematika smp
14. Topik: Geometri dan Pengukuran
Sub Topik: Garis dan sudut
Perhatikan gambar di bawah ini
latihan ujian nasional matematika SMP - soal 14
Nilai y adalah...
A. 24°     
B. 25°                  
C. 26°                 
D. 34°
Jawaban: C
Pembahasan :
Untuk menjawab soal ini kamu harus paham konsep hubungan antarsudut jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain. Dalam hal ini ∠CEF dan ∠EAH merupakan sudut sehadap, maka:
∠EAH = ∠CEF
∠EAH = 102°
∠EAH + ∠BAE = 180° (sudut saling berpelurus)
102°+ 3y = 180°
3y = 180° - 102°
3y = 78°
y = 26°
separator un matematika smp
15. Topik: Geometri dan Pengukuran
Sub Topik: Segitiga dan Segiempat
Sebuah taman berbentuk persegi. Di sekeliling taman itu ditanami pohon pinus dengan jarak antar pohon 4 m. Panjang sisi taman itu adalah 65 m. Banyak pohon pinus yang dibutuhkan adalah ...
A. 50 
B. 55 C. 60
D. 65
Jawaban: D
Pembahasan:
Keliling taman yang berbentuk persegi tersebut adalah
K = 4 s
K = 4 x 65 m
K = 260 m

Karena tiap 4 m ditanami pohon maka banyak pohon yang diperlukan adalah
Banyak pohon = 260 m/4 m
Banyak pohon = 65
Jadi, banyak pohon pinus yang dibutuhkan adalah 65 buah pohon.
separator un matematika smp
16. Topik: Geometri dan Pengukuran
Sub Topik: Kesebangunan dan Kekongruenan
Sebuah foto berbentuk persegi panjang diletakan di atas selembar karton berukuran 20 cm x 40 cm. Di sebelah kiri, kanan dan atas terdapat sisa karton masing-masing 5 cm. Jika foto dan karton tersebut sebangun, maka lebar sisa karton di bawah foto itu  adalah .…
A. 5 cm
B. 10 cm
C. 20 cm
D. 30 cm
Jawaban: C
Pembahasan:
Diketahui bahwa ukuran karton 20 cm x 40 cm
Ukuran foto dapat diketahui berdasarkan sisa karton
Panjang (P) = 20 - sisa kanan - sisa kiri
= 20 - 5 - 5
= 10 cm
Lebar (L) = 40 - sisa atas - sisa bawah 
= 40 - 5 - x
= (35 -x) cm
Dapat digambarkan sebagai berikut
latihan ujian nasional matematika SMP - pembahasan 16
Karena foto dan karton sebangun, maka dapat dicari nilai x menggunakan rumus
latihan ujian nasional matematika SMP - pembahasan 16 a
separator un matematika smp
17. Topik: Bangun ruang sisi lengkung
Indikator: Peserta didik mampu menghitung volume bangun ruang sisi lengkung
Perhatikan gambar!
latihan ujian nasional matematika SMP - soal 17
Sebuah bola tepat berada di dalam tabung sehingga bola menyinggung setiap sisi tabung. Jika volume tabung 60 cm3, volume bola adalah….
A. 30 cm3
B. 36 cm3
C. 40 cm3
D. 45 cm3
Jawaban: C
Pembahasan:
latihan ujian nasional matematika SMP - pembahasan 17
Volume bola tersebut adalah 40 cm3
separator un matematika smp
18. Topik: Peluang
Indikator: Peserta didik mampu menganalisis peluang
 Dalam sebuah kotak terdapat 9 kelereng yang diberi nomor 1 sampai dengan 9. Jika diambil sebuah kelereng secara acak, peluang terambilnya kelereng bernomor prima adalah…
latihan ujian nasional matematika SMP - pg 18
Jawaban: B
Pembahasan:
latihan ujian nasional matematika SMP - pembahasan 18
separator un matematika smp
19. Topik: Ukuran pemusatan data
Indikator: Peserta didik mampu menganalisis ukuran pemusatan data
Berat rata-rata dari 12 siswa adalah 55 kg dan berat rata-rata 15 orang lainya adalah 45 Berat rata-rata dari keseluruhan kedua kelompok tersebut adalah….
A. 47 kg
B. 48 kg
C. 49 kg
D. 50 kg
Jawaban: C
Pembahasan:
Jumlah berat 12 siswa = 12 X 55 = 660 = rata-rata ke-1
Jumlah berat 15 siswa = 15 X 45 = 675 = rata-rata ke-2
latihan ujian nasional matematika SMP - pembahasan 19
separator un matematika smp
20. Topik: Peluang
Indikator: Peserta didik mampu menghitung peluang
Dalam percobaan melempar sebuah dadu, peluang muncul mata dadu faktor dari 6...
latihan ujian nasional matematika SMP - soal 20
Jawaban: C
Pembahasan:
Mata dadu faktor dari 6 adalah 1, 2, 3, dan 6
                    
  1. 20 meter × 30 meter. Ukuran bangunan di denah adalah 40 cm × 60 cm. Skala yang digunakan pada denah lantai adalah …
    A. 1: 50
    B. 1: 100
    1: 500
    D. 1: 100
Pembahasannya :
pembahasan
Jawabannya : A. 1: 50
21. Rumus untuk istilah ke-n dari urutan adalah Un = 3n + 2. Jumlah dari istilah ke-25 dan ke-27 dari urutan tersebut adalah …
A. 154
B. 160
C. 164
D. 166
Pembahasannya :
Pembahasannya
Jawabannya : B. 160
22. Joni menabung di bank dengan penghematan awal Rp 1.200.000, dan menghemat bunga pada tingkat 9% per tahun. Ketika ia mengambil semua tabungannya, tabungan Joni berjumlah Rp 1.281.000, Joni Tua, yang menyimpan uang, adalah …
A. 6 bulan
B. 8 bulan
C. 9 bulan
D. 10 bulan
Pembahasannya :
Jumlah bunga yang diterima Joni saat menabung adalah 1.281.000-1.200.000 = Rp.81.000.00.
Suku bunga bank selama setahun adalah 9%, sehingga suku bunga berikut diperoleh:
Suku bunga bank selama setahun
Bunga bulan ini adalah 108.000 ÷ 12 = 9.000.
Penghematan Jonis adalah 81.000 won, 9.000 = 9
Jawabannya : C. 9 bulan
23. Perbandingan permen Lia, Ana Rohana, Selly Humairah Putry 5: 3: 2. Sedangkan jumlah permen Ana dan Selly adalah 64. Jumlah permen dari tiga orang adalah …
A. 72
B. 80
C. 88
D. 108
Pembahasannya :
Perbandingan permen Lia, Ana, Selly adalah 5: 3: 2 kita bisa menulis 5x: 3x: 2 x, begitu banyak permen Lia 5x
Permen Ana 3x
Banyak permen Selly 2x
Jumlah permen Lia dan Ana 5x + 3 x = 64
jadi 8 x = 64 atau x = 8. Jumlah permen untuk tiga orang adalah 10x = 10 × 8 = 80
Jawabannya : B. 80
24. Pekerjaan dapat dilakukan oleh 42 pekerja dalam 50 hari. Sehingga pekerjaan itu bisa dilakukan dalam waktu 35 hari, sebanyak tambahan pekerja seperlunya …
A. 60 orang
B. 22 orang
C. 18 orang
D. 10 orang
Pembahasannya :
Pembahasannya
Jawabannya : C. 18 orang
26
27. Data ketinggian 20 siswa (dalam cm) adalah sebagai berikut.
157, 159, 159, 156, 157, 157, 158, 158, 158, 160, 160, 160, 158, 159, 159, 156, 156, 157, 157, 159, 160, 160. Mode tinggi siswa Badang adalah …
A. 157 cm
B. 158 cm
C. 159 cm
D. 160 cm
Pembahasannya :
Mode = data ditampilkan paling sering, maka mode = 159 ditampilkan lima kali.
Jawab: C
28. Jika angkanya 0,65; $ \ frac {5} {8} $; 0,7; 69% diurutkan berdasarkan yang terkecil, hasilnya …
A. 0,65; 0,7; $ \ frac {5} {8} $; 69%
B. 0,65; 69%; $ \ frac {5} {8} $; 0,7
C. $ \ frac {5} {8} $; 0,65; 69%; 0,7
D. $ \ frac {5} {8} $; 0,7; 0,65; 69%

Pembahansannya :
$ \ frac {5} {8} = \ frac {5 \ times 125} {8 \ times 125} = \ frac {625} {1000} = $ 0,625 69% = $ \ frac {69} {100} = $ 0.9
Maka urutan yang sesuai adalah:
0,625; 0,65; 0,69, 0,7 $ \ frac {5} {8} $; 0,65; 69%; 0,7

Jawabannya : B
29. Hasil dari $ {{\ kiri (2 \ sqrt {2} \ kanan)} ^ {- 2}} $ adalah …
A. $ \ frac {1} {16} $
B. $ \ frac {1} {8} $
C. $ \ frac {1} {4} $
D. $ \ frac {1} {2} $
Pembahasannya :
$ \ begin {align} {{\ kiri (2 \ sqrt {2} \ kanan)} ^ {- 2}} & = \ frac {1} {{{\ kiri (2 \ sqrt {2} \ kanan)} ^ {2}}} \ & = \ frac {1} {4.2} \ & = \ frac {1} {8} \ end {align} $
Jawabannya: B
30. Bakteri dapat membelah menjadi tiga setiap 13 menit. Jika banyak bakteri awalnya 20, butuh waktu t sampai jumlah bakteri menjadi 14.580. Jika bakteri membelah menjadi tiga setiap 26 menit, jumlah bakteri setelah …
A. 108 bakteri
B. 216 bakteri
C. 432 bakteri
D. 540 bakteri
Pembahasannya :
Untuk pemisahan setiap 13 menit
$ a = $ 20; $ r = 3 $, $ {{a} _ {n}} = $ 14.580,
$ \ begin {align} {{a} _ {n}} & = a. {{r} ^ {t}} \
14.580 & = {{20.3} ^ {t}} \ 729 & = {{3} ^ {t}} \ {{3} ^ {6}} & = {{3} ^ {t}} \ 6 & = t \ end {align} $
Untuk pembagian setiap 26 menit, periode adalah $ \ frac {1} {2} t = 3 $
Maka banyak bakteri menjadi:
= $ {{20.3} ^ {3}} $
= $ 20 \ kali $ 27
= 540
Jawabannya: D
31. Lia menyimpan hingga RP. 800.000,00 pada bank yang memberikan tingkat bunga tunggal 16% per tahun. Ketika diambil, tabungan Lia menjadi RP. 992,000.00. Hemat Ani lama adalah …
A. 8 bulan
B. 24 bulan
C. 18 bulan
D. 32 bulan
Pembahasannya :
$ {{M} _ {o}} = $ 800.000 $ \ begin {align} b & = \ frac {16} {100} per tahun \ & = \ frac {16} {100 \ kali 12} per bulan \ b & = \ frac {1} {75} per bulan \ end {align} $ $ {{M} _ {n}} = $ 992.000
Lalu n = …?
$ {{M} _ {n}} = {{M} _ {o}} + {{M} _ {o}} \ kali b \ kali n $
$ {{M} _ {n}} – {{M} _ {o}} = {{M} _ {o}} \ kali b \ kali n $
$ \ begin {align} 992,000-800,000 & = 800,000 \ times \ frac {1} {75} \ kali n \ 192,000 & = 800,000 \ kali \ frac {1} {75} \ kali n \ \ frac {192,000 \ kali 75} {800.000} & = n \ 18 & = n \ end {align} $
Jawabannya : C
32. Jika himpunan bilangan ini
S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11}
A = {1, 3, 5, 7, 9}
B = {2, 3, 5, 7, 11}
Kemudian $ {{(A \ stamp B)} ^ {C}} $ …
A. {3, 5, 7}
B. {4, 6, 8, 10}
C. {1, 2, 9, 11}
D. {1, 2, 4, 6, 8, 9, 10, 11}
Pembahasannya :
$ A \ stamp B $ = Jumlah yang ada di A dan juga di B.
$ A \ cap B = \ {3,5,7 } $ lalu:
$ {{(A \ stamp B)} ^ {C}} $ = Kumpulan anggota S kecuali $ A \ stamp B = \ {3,5,7 } $
$ {{(A \ stamp B)} ^ {C}} = \ {1,2,4,6,8,9,10,11 } $
Jawabannya : D
33. Lihatlah diagram panah berikut!
Formula fungsional dari A ke B
Formula fungsional dari A ke B adalah …
A. $ f (x) = 2x + 3 $
$ f (x) = 3x + 4 $
C. $ f (x) = 2x + -3 $
D. $ f (x) = x + 2 $

Pembahasannya :
Sebagai contoh:
$ f (x) = mx + n $
$ (0,1) \ Panah Kanan f (0) = m.0 + n = 3 \ Panah Kiri n = 3 $
$ (1,5) \ Panah Kanan f (1) = m.1 + 3 = 5 \ Panah Kiri m = 2 $
$ f (x) = mx + n \ Leftrightarrow f (x) = 2x + 3 $

Jawabannya: A
34. Persamaan $ \ frac {1} {4} x + 1 \ frac {1} {2} = \ frac {1} {2} x + 1 $ diketahui. Nilai $ x-6 $ adalah …
A. -6
B. 2
C. 8
D. -4
Pembahasannya :
$ \ frac {1} {4} x + 1 \ frac {1} {2} = \ frac {1} {2} x + 1 $
$ \ frac {1} {4} x + \ frac {3} {2} = \ frac {1} {2} x + 1 $ (kedua segmen masing-masing 4)
$ x + 6 = 2x + 4 $
$ x-2x = $ 4-6
$ -x = -2 \ Leftrightarrow x = 2 $
Nilai: $ x-6 = 2-6 = -4 $
Jawabannya : D
35. Fungsi yang diketahui $ f (x) = kapak + b $. Jika $ f (5) = 17 $ dan $ f (13) = 33 $, nilai $ a + b $ …
A. 9
B. 2
C. 5
D. 7
Pembahasannya :
$ f (x) = kapak + b $
$ f (5) = 5a + b = 17 $
$ f (13) = 13a + b = 33 $
————————- (-)
$ -8a = -16 \ Leftrightarrow a = 2 $
$ a = 2 $ Penggantian dari:
$ 5a + b = $ 17
$ 5,2 + b = 17 \ Leftrightarrow b = 7 $
Nilai $ a + b = 2 + 7 = 9 $
Jawabannya : A
36.Perbandingan bola Ahmad dan Joni adalah 9 : 5. Sedangkan selisihnya 28. Jumlah bola mereka adalah ....
A. 44
B. 50
C. 78
D. 98
Pembahasan :
Ahmad = 9 bagian dan Joni = 5 bagian Selisihnya = 28
9 bagian – 5 bagian = 28
4 bagian = 28
1 bagian = 28/4
1 bagian = 7
Jumlah = 9 bagian + 5 bagian = 14 bagian = 14 × 7 = 98
Jawab : D
37Untuk menyelesaikan suatu pekerjaan selama 72 hari diperlukan pekerja sebanyak 24 orang. Setelah dikerjakan 30 hari, pekerjaan dihentikan selama 6 hari. Jika kemampuan bekerja setiap orang sama dan agar pekerjaan tersebut selesai sesuai jadwal semula, maka banyak pekerja tambahan yang diperlukan adalah ....
A. 8 orang
B. 6 orang
C. 4 orang
D. 2 orang
Jawab : C
38.Jumlah tiga bilangan ganjil berurutan adalah 75. Jumlah bilangan terkecil dan terbesar bilangan tersebut adalah ....
A. 48
B. 50
C. 140
D. 142
Pembahasan:
Misalkan bilangan pertama = p
Maka bilangan kedua = p + 2
Bilangan ketiga = p + 4
p + p + 2 + p + 4 = 75
3p + 6 = 75
3p = 75 – 6
3p = 69
p = 23
sehingga :
bilangan pertama = 23
bilangan kedua = 23 + 2 = 25
bilangan ketiga = 23 + 4 = 27
Jumlah bil. terkecil dan terbesar = 23 + 27 = 50
Jawab : B
39.Hasil dari (2x – 2)(x +5) adalah ....
A. 2x2 – 12x – 10
B. 2x2 + 12x – 10
C. 2x2 + 8x – 10
D. 2x2 – 8x – 10
Jawab : C
40.Jumlah tiga bilangan ganjil berurutan adalah 75. Jumlah bilangan terkecil dan terbesar bilangan tersebut adalah ....
A. 48
B. 50
C. 140
D. 142
Pembahasan:
Misalkan bilangan pertama = p
Maka bilangan kedua = p + 2
Bilangan ketiga = p + 4
p + p + 2 + p + 4 = 75
3p + 6 = 75
3p = 75 – 6
3p = 69
p = 23
sehingga :
bilangan pertama = 23
bilangan kedua = 23 + 2 = 25
bilangan ketiga = 23 + 4 = 27
Jumlah bil. terkecil dan terbesar = 23 + 27 = 50
Jawab : B



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jsjsjsj